BERITA

PPDB Online

Pilihan Artikel

INFO

Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2023/2024 akan segera dimulai segera persiapkan diri kamu lihat info PPDB kami di artikel .

Kalender

Oktober 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31

POLLING

Apakah web ini dapat memberikan informasi tentang SMP Negeri 1 Pringsrurat .. ?

  Ya
  Tidak

  Hasil Polling

Strategi Pembelajaran Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

 Strategi Pembelajaran Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Oleh Slamet Priyono., S. Pd

Keberhasilan sebuah pendidikan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: guru, siswa, sarana dan prasarana, lingkungan pendidikan dan kurikulum. Dari beberapa faktor tersebut, guru dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah menempati kedudukan yang sangat penting dan tanpa mengabaikan faktor penunjang lain, guru sebagai subyek pendidikan sangat menentukan keberhasilan pendidikan itu sendiri karena proses belajar dan hasil belajar para siswa bukan saja ditentukan oleh sekolah, pola, struktur, dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing siswa.

 

Oleh karena itu upaya peningkatan kualitas pendidikan dimulai dari kemampuan guru. Salah satu kemampuan yang dimiliki guru adalah bagaimana merancang suatu strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan atau kompetensi yang akan dicapai. Untuk itu strategi yang digunakan guru dalam proses belajar harus seimbang sesuai dengan komponen pengajaran yang ada.

 

Sementara itu menurut Suryosubroto (Proses belajar mengajar di sekolah, 2009 ) menyatakan “pembelajaran merupakan serangkaian peristiwa yang direncanakan untuk disampaikan, untuk menggiatkan dan mendorong belajar siswa yang merupakan proses merangkai situasi belajar agar belajar menjadi lebih mudah dipahami”.

Dengan demikian Strategi pembelajaran merupakan cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang guru untuk menyampaikan materi pelajaran, sehingga memudahkan siswa mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang akan dipilih dan digunakan oleh guru bertitik tolak dari tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan di awal. Strategi pembelajaran pada dasarnya adalah suatu rencana untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Jenis-jenis Strategi Pembelajaran Menurut Rowntree dalam Wina sanjaya (Strategi Pembelajaran Beroreintasi Standar proses pendidikan, 2009) mengelompokkan strategi pembelajaran menjadi empat, yaitu:

1.       Strategi penyampaian penemuan atau exposition discovery learning.

2.       Strategi pembelajaran kelompok dan strategi pembelajaran individual atau groups individual learning.

3.       Strategi pembelajaran deduktif.

4.       Strategi pembelajaran induktif

Macam-macam metode yang sering digunakan pada pembelajaran adalah sebagai berikut : Metode Ceramah,Metode diskusi,Metode Demonstrasi,Metode Ceramah Plus,Metode Eksperimental,Metode Study Tour (Karyawisata), Metode Latihan Keterampilan,Metode Pengajaran Beregu,Peer Theaching Method,Metode Pemecahan Masalah (problem solving method),Project Method,Taileren Method,Metode Global (ganze method)

Dalam khasanah pemikiran Islam, istilah guru memiliki beberapa istilah, seperti: ustadz, muallim, muaddib dan murabbi. Beberapa istilah sebutan “guru” itu terkait dengan beberapa istilah untuk pendidikan yaitu:  talim, tadib  datarbiyah. IstilaMuallilebimenekankan guru sebagai pengajar dan penyampai pengetahuan dan ilmu, istilah Muaddib lebih menekankan guru sebagai pembina moralitas dan akhlak peserta didik dengan keteladanan, sedangkan istilah Murabbi, lebih menekankan pengembangan dan pemeliharaan baik aspek jasmaniyah maupun ruhaniah. Sedangkan istilah yang umum dipakai dan memiliki cakupan arti yang luas adalah ustadz yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “guru

Guru pendidikan agama Islam adalah seseorang yang mengajar dan mendidik agama Islam dengan membimbing, menuntun, memberi tauladan dan membantu mengantarkan anak didiknya ke arah kedewasaan jasmani dan rohani. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan agama yang hendak di capai yaitu membimbing anak agar menjadi seorang muslim yang sejati, beriman, teguh, beramal sholeh dan berakhlak mulia, serta berguna bagi masyarakat, agama dan Negara.

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Menurut Dimyati dan Mudjiono , ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar anak didik, yaitu: Cita-cita dan aspirasi anak didik , Cita-cita akan memperkuat motivasi anak didik untuk belajar.

Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak didik antara lain: cita-cita dan aspirasi anak didik, kemampuan anak didik, kondisi anak didik, kondisi lingkungan anak didik, dan upaya guru dalam membelajarkan anak didik. Motivasi belajar sangat berpengaruh dengan prestasi belajar siswa, motivasi ini perlukan dalam proses kegiatan belajar mengajar agar tujuan dalam proses belajar mengajar tercapai dengan baik.

Dalam kegiatan belajar, motivasi yang ada pada setiap orang ada pada setiap individu memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda berikut ini ciri-ciri motivasi belajar menurut Slameto sebagai berikut :

a)       Tekun menghadapi tugas (Ulet menghadapi kesulitan Menunjukan minat terhadap bermacam-macam masalah yang belum diketahui )

b)      Ingin mendalami bahan atau bidang pengetahuan yang diberikan.

c)       Selalu berusaha untuk berprestasi sebaik mungkin.

d)      Dapat mempertahankan pendapatnya.

e)      Senang dan rajin penuh semangat

f)        Senang mencari dan memecahkan masalah.

Di SMP N 1 pringsurat kami sudah menerapkan proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang baik bahkan contoh-contoh di luar kelas tentang kedisiplinan juga sudah di tanamkan dan diberi contoh misalnya selalu datang ke sekolah sebelum jam 7 pagi, melakukan piket jabat tangan untuk menyapa siswa setiap pagi dengan tujuan agar hubungan antara guru dan siswa semakin akrab, selalu berada di dalam  kelas tepat pada waktunya,

Dalam  cara mengajar sudah menggunakan metode pembelajaran, serta menyampaikan materi sudah dengan cukup jelas dan mudah dimengerti, guru bersikap tegas dan disiplin ketika sedang mengajar apabila ada siswa yang tidak mengerjakan tugas maka siswa tersebut diberi hukuman yaitu menghapal dan menulis ayat-ayat Al Qur’an yang sudah ditentukan oleh guru PAI tersebut. Guru PAI selalu memberikan bimbingan keagamaan kepada siswa didalam kelas maupun diluar kelas, setelah proses belajar mengajar selesai semua siswa membaca Al-Qur’an selama 15 menit yang di pandu guru PAI di SMP Negeri 1 Pringsurat

Dengan apa yang kami lakukan di SMPN 1 Pringsurat maka kami selalu berharap bahwa ke depan peserta didik kami bisa termotivasi untuk lebih maju lagi sehingga bisa untuk menjadi generasi emas seperti cita cita negara tercinta ini.

Guru Pendidikan Agama Islam SMPN 1 Pringsurat,Kabupaten Temanggung  2022